CAPAIAN PEMBELAJARAN DASAR-DASAR ANIMASI



Rasional

Dasar-dasar Animasi merupakan kumpulan muatan/materi keahlian seni dan ekonomi kreatif pada program keahlian animasi. Dasar-dasar Animasi memiliki ruang lingkup bahasan yang meliputi seni teknologi animasi, seni produksi animasi, seni gerak, seni penceritaan, serta seni visual dan komposisi. Seni Teknologi Animasi merupakan pengetahuan dan kemampuan kerja terhadap pemakaian aplikasi atau tools yang dipergunakan di dalam ekosistem industri animasi yang meliputi seni teknologi analog dan seni teknologi digital pada bidang kerja 2 dimensi dan 3 dimensi. Seni Produksi merupakan pengetahuan dan kemampuan peserta didik di dalam memahami dan mengimplementasikan pipeline kerja animasi, yang meliputi pipeline kerja pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Seni visual dan komposisi merupakan pengetahuan dan kemampuan kerja peserta didik terhadap bidang, bentuk, warna dan komposisi. Seni gerak merupakan pengetahuan dan kemampuan dasar kerja terhadap implementasi gerak dalam aplikasi kerja produksi. Seni penceritaan merupakan pengetahuan dan kemampuan dasar kerja terhadap bagaimana suatu cerita itu bisa berkomunikasi dengan penonton. Dalam kaidah dasarnya, bercerita melalui visual adalah dasar kemampuan yang perlu diasah, baik berupa susunan foto, video maupun gambar. Teknik merangkai dan menyusun visual akan membantu menciptakan komunikasi ide yang mudah dimengerti orang lain.

Mata pelajaran Dasar-dasar Animasi berfungsi untuk menumbuhkan kreativitas, mengasah kepekaan estetis, dan sensitivitas terhadap fenomena alam dan lingkungan kehidupan. Peserta didik mengamati fenomena alam dan kehidupan secara objektif dan imajinatif, melakukan eksplorasi atau eksperimen untuk menemukan bentuk-bentuk visual yang estetis, kreatif, inovatif, dan imajinatif, sehingga peserta didik didorong untuk menemukan fakta-fakta, membangun konsep, melakukan eksplorasi secara prosedural, serta membangun nilai-nilai baru secara mandiri. Selain itu, sebagai landasan pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan kompetensi animasi pada pembelajaran konsentrasi keahlian di kelas XI dan XII.

Tujuan

Mata pelajaran Dasar-dasar Animasi bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (soft skills dan hard skills) meliputi:

  1. Memahami proses bisnis industri kreatif di bidang animasi; 
  2. Memahami perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja serta isu-isu global pada bidang animasi;
  3. Memahami profil technopreneur, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi di bidang animasi;
  4. Memahami teknik dasar proses produksi pada industri animasi;
  5. Memahami aspek legal pada produksi animasi;
  6. Memahami quality control pada produksi animasi;
  7. Memahami aplikasi berbasis teknologi untuk digunakan selaras dengan kebutuhan industri;
  8. Memahami unsur visual untuk diterapkan dan diaplikasikan ke dalam karya desain;
  9. Memahami dasar pergerakan buatan untuk diterapkan berdasarkan instruksi kerja; 
  10. Memahami cerita secara visual. 

Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Animasi selengkapnya dapat dibaca pada file berikut:


Demikian informasi mengenai Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Animasi yang merupakan bagian dari Keputusan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Nomor 029/H/KU/2021 Tentang Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pada Program Smk Pusat Keunggulan. Semoga bermanfaat~AM.Tech

0 Response to "CAPAIAN PEMBELAJARAN DASAR-DASAR ANIMASI"

Posting Komentar