CAPAIAN PEMBELAJARAN DASAR-DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL


Rasional

Desain Komunikasi Visual adalah rancangan solusi komunikasi visual melalui program identitas, informasi, dan persuasi yang sesuai tujuan yang ditetapkan pemberi tugas (klien) kepada khalayak sasarannya dengan menggunakan media konvensional (berbasis cetak) maupun non konvensional (non cetak). Pengertian tersebut memberikan arah konten materi pendidikan pada program keahlian Desain Komunikasi Visual yang diberikan kepada peserta didik. Untuk itu diperlukan mata pelajaran Dasardasar Desain Komunikasi Visual sebagai fondasi kompetensi peserta didik dalam menempuh pendidikannya. 

Mata pelajaran Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual memberi fondasi penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menerjemahkan konsep dan produksi desain secara manual dan digital sesuai dengan perkembangan teknologi yang mengacu pada kebutuhan dunia industri saat ini. Mata pelajaran Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual berfungsi untuk menumbuhkan kreativitas, mengasah kepekaan estetis, dan sensitivitas terhadap fenomena sosial budaya. Peserta didik mengamati peristiwa dan problema komunikasi publik secara objektif, membantu pelaku industri Desain Komunikasi Visual dalam perancangan solusi komunikasi yang tepat juga menarik.

Tujuan 

Mata pelajaran Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills) sebagai persiapan memasuki ekosistem desain komunikasi visual secara global dan nasional. Dasar yang harus dikuasai yaitu:

  1. Memahami profil technopreneur, peluang usaha dan pekerjaan/profesi di bidang Desain Komunikasi Visual;
  2. Memahami proses bisnis berbagai industri di bidang Desain Komunikasi Visual;
  3. Memahami perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja serta isu-isu global pada bidang Desain Komunikasi Visual;
  4. Memahami teknik dasar proses produksi pada industri Desain Komunikasi Visual;
  5. Memahami keterampilan membuat sketsa dan ilustrasi untuk kebutuhan dasar rancangan desain;
  6. Memahami komposisi tipografi untuk kebutuhan dasar rancangan desain;
  7. Memahami prosedur penggunaan peralatan fotografi;
  8. Memahami komputer grafis yang dibutuhkan pada pekerjaan DKV.
Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual selengkapnya dapat dibaca pada file berikut:


Demikian informasi mengenai Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Desain Komunikasi Visual yang merupakan bagian dari Keputusan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Nomor 029/H/KU/2021 Tentang Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pada Program Smk Pusat Keunggulan. Semoga bermanfaat~AM.Tech


0 Response to "CAPAIAN PEMBELAJARAN DASAR-DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL"

Posting Komentar