CAPAIAN PEMBELAJARAN DASAR-DASAR MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS


Rasional

Dasar-dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis adalah mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian pekerjaan kantor dan layanan bisnis. Mata pelajaran Dasar-dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis berfungsi untuk menumbuhkembangkan kebanggaan pada peserta didik terhadap keahlian manajemen perkantoran dan layanan bisnis, melalui pemahaman tentang proses bisnis di dunia kerja, memahami perkembangan teknologi dan isu-isu global di industri, mengenali berbagai macam profesi dan okupasi kerja dan peluang usaha, mengelola surat/dokumen berbasis digital,  menggunakan peralatan dan aplikasi teknologi perkantoran, mengelola sistem informasi dan melakukan komunikasi, serta memberikan layanan bisnis dan logistik sesuai standar yang ditentukan pada bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis. Selain itu, sebagai landasan pengetahuan dan keterampilan untuk pembelajaran konsentrasi keahlian di kelas XI dan XII.

Mata pelajaran Dasar-dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis berkontribusi dalam menjadikan peserta didik memiliki kompetensi sebagai staf administrasi perkantoran modern dan layanan bisnis yang berakhlak mulia,  mampu berkomunikasi, bernegosiasi dan berinteraksi antar budaya, mampu bekerja dalam tim, memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap situasi dan lingkungan kerja, mampu mengelola  informasi / gagasan dan bertanggung jawab secara kreatif sesuai bidang pekerjaannya.

Tujuan

Mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (soft skills dan hard skills):

  1. Memahami proses bisnis manajemen perkantoran dan layanan bisnis di dunia kerja;
  2. Memahami perkembangan penerapan teknologi dan isu - isu global dalam manajemen perkantoran dan layanan bisnis; 
  3. Memahami profil entrepreneurship, job profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi dalam bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis;
  4. Menerapkan teknik dasar aktivitas perkantoran di bidang manajemen perkantoran dan layanan bisnis;
  5. Mengelola dokumen berbasis digital;
  6. Menggunakan peralatan dan aplikasi teknologi perkantoran; 
  7. Mengelola sistem informasi dan komunikasi organisasi;
  8. Memberikan layanan bisnis dan logistik sesuai standar yang ditentukan.

Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis selengkapnya dapat dibaca pada file berikut:

Demikian informasi mengenai Dasar-dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis yang merupakan bagian dari Keputusan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Nomor 029/H/KU/2021 Tentang Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pada Program Smk Pusat Keunggulan. Semoga bermanfaat~AM.Tech

0 Response to "CAPAIAN PEMBELAJARAN DASAR-DASAR MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS"

Posting Komentar