CAPAIAN PEMBELAJARAN DASAR-DASAR BROADCASTING DAN PERFILMAN

BROADCASTING DAN PERFILMAN



Rasional

Dunia broadcasting, baik radio maupun televisi, serta dunia film merupakan representasi dari usaha manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lain. Dalam kehidupan sekarang, komunikasi sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Dasar-dasar Broadcasting dan Perfilman merupakan kumpulan mata pelajaran pada Program Keahlian Broadcasting dan Perfilman yang penting untuk diberikan. Mata pelajaran ini berisi dasar-dasar mata pelajaran untuk penguasaan kompetensi pada produksi dan siaran program radio, produksi siaran dan program televisi, produksi film dan program televisi dan produksi film.

Mata pelajaran Dasar-dasar Broadcasting dan Perfilman diharapkan dapat menumbuhkan kreativitas, mengasah kepekaan estetis dan teknis, dan sensitivitas terhadap fenomena alam dan lingkungan kehidupan. Peserta didik mengamati fenomena alam serta kehidupan secara objektif dan imajinatif, melakukan eksplorasi atau eksperimen untuk mengolah media visual dengan estetis, kreatif, dan imajinatif. Dengan ini, peserta didik didorong untuk menemukan fakta-fakta, membangun konsep, melakukan eksplorasi secara prosedural, serta membangun nilai-nilai baru secara mandiri.

Tujuan

Mata pelajaran Dasar-dasar Broadcasting dan Perfilman bertujuan membekali peserta didik dengan dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skill dan soft skill), serta terkait dengan kompetensi kejuruan serta perkembangan teknologi komunikasi audio visual meliputi:

  1. Memahami profesi dan proses bisnis yang sedang berkembang dalam industri broadcasting dan perfilman;
  2. Memahami perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja dan isuisu global terkait broadcasting dan perfilman;
  3. Memahami dan menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) dalam proses produksi;
  4. Memahami profil technopreneur, peluang usaha dan dunia kerja/profesi dalam industri broadcasting dan perfilman; 
  5. Memahami prototype Produksi dan Siaran Program Radio, Produksi Siaran dan Program Televisi, Produksi Film dan Program Televisi serta Produksi Film secara kreatif dan inovatif berdasarkan tren pasar masa kini dan akan datang;
  6. Memahami teknik dasar proses produksi pada industri broadcasting dan perfilman;
  7. Mengoperasikan peralatan audio video;
  8. Menggunakan media digital;
  9. Memahami dasar-dasar fotografi, tata kamera, tata artistik, tata suara dan editing;
  10. Memahami estetika seni audio visual (EAV).

Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Broadcasting dan Perfilman selengkapnya dapat dibaca pada file berikut:

Demikian informasi mengenai Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Broadcasting dan Perfilman yang merupakan bagian dari Keputusan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Nomor 029/H/KU/2021 Tentang Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pada Program Smk Pusat Keunggulan. Semoga bermanfaat~AM.Tech

0 Response to "CAPAIAN PEMBELAJARAN DASAR-DASAR BROADCASTING DAN PERFILMAN"

Posting Komentar