CAPAIAN PEMBELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIKA KAPAL PENANGKAP IKAN



Rasional

Dasar-dasar Teknika Kapal Penangkap Ikan merupakan mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan tentang teknika kapal penangkap ikan, yaitu kesatuan kegiatan yang meliputi salah satu atau keseluruhan cara melayarkan sebuah kapal dari suatu tempat ketempat lainnya dengan cepat, tepat, selamat, aman dan ekonomis dalam usaha penangkapan ikan dan menjadi landasan bagi peserta didik untuk mendalami tentang teknika kapal penangkap ikan secara utuh. Teknika kapal penangkap ikan merupakan komponen penting dalam bidang pelayaran kapal penangkap ikan, karena itu penting dipelajari guna memahami daerah, metode/teknik penangkapan ikan, dan menjaga hasil tangkapan di laut secara berkelanjutan.

Mata pelajaran Dasar-dasar Teknika Kapal Penangkap Ikan merupakan pondasi bagi peserta didik dalam memahami tugas-tugas menjadi pelaut muda yang mampu bekerja sebagai perwira mesin di kapal perikanan, setelah belajar pada program keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan. Selain itu, sebagai landasan pengetahuan dan keterampilan dalam mempelajari materi pelajaran pada pembelajaran kelas XI dan XII, antara lain: pemahaman tentang prosedur darurat, berisi tentang tata cara yang harus diikuti pada saat terjadi keadaan darurat di atas kapal; pemahaman tentang tata laksana perikanan yang bertanggung jawab (Code of Conduct for Responsible Fisheries/CCRF), berisi tentang pemanfaatan sumber daya perikanan yang berkelanjutan; pemahaman tentang bangunan dan stabilitas kapal penangkap ikan, berisi tentang konstruksi bangunan kapal dan stabilitas kapal; dan pemahaman mesin penggerak kapal penangkap ikan.

Tujuan

Mata pelajaran Dasar-dasar Teknika Kapal Penangkap Ikan bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (soft skills dan hard skills):

  1. Memahami proses bisnis secara menyeluruh di bidang teknika kapal penangkap ikan;
  2. Memahami perkembangan teknologi yang digunakan, proses kerja, dan isu-isu global di bidang teknika kapal penangkap ikan;
  3. Memahami technopreneur, job-profile, peluang usaha dan pekerjaan/profesi di bidang teknika kapal penangkap ikan;
  4. Memahami lingkup kerja dasar teknika kapal penangkap ikan;
  5. Memahami prosedur darurat/SAR;
  6. Memahami tata laksana perikanan yang bertanggung-jawab/Code of Conduct for Responsible Fisheries (CCRF);
  7. Memahami  bangunan dan stabilitas kapal penangkap Ikan;
  8. Memahami teknik penangkapan, penanganan, dan penyimpanan ikan hasil tangkapan;
  9. Memahami mesin penggerak kapal penangkap ikan.

Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Teknika Kapal Penangkap Ikan selengkapnya dapat dibaca pada file berikut:

Demikian informasi mengenai Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Teknika Kapal Penangkap Ikan yang merupakan bagian dari Keputusan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Nomor 029/H/KU/2021 Tentang Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pada Program Smk Pusat Keunggulan. Semoga bermanfaat~AM.Tech

0 Response to "CAPAIAN PEMBELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIKA KAPAL PENANGKAP IKAN"

Posting Komentar