Lima Langkah Membuat Daftar Isi Otomatis di MS Word

Lima Langkah Membuat Daftar Isi Otomatis
 di MS Word


Langkah 1: Penomoran Paragraf

Pastikan judul dan subjudul yang ingin Anda masukkan dalam daftar isi menggunakan gaya penomoran paragraf yang tepat. Anda dapat mengatur gaya penomoran paragraf dengan mengklik kanan pada teks dan memilih opsi "Styles" atau "Gaya" di menu yang muncul.. Anda dapat mengatur gaya penomoran paragraf dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Pilih teks judul atau subjudul yang ingin Anda atur dalam daftar isi.
  2. Di tab "Beranda" (Home), pada grup "Gaya" (Styles), klik panah kecil di sudut kanan bawah grup tersebut untuk membuka panel Gaya.
  3. Pilih gaya penomoran paragraf yang sesuai untuk judul atau subjudul. Misalnya, "Judul 1" (Heading 1) untuk judul utama dan "Judul 2" (Heading 2) untuk subjudul.
  4. Terapkan gaya tersebut pada teks yang dipilih dengan mengklik gaya tersebut di panel Gaya.

Langkah 2: Menambahkan Daftar Isi

Letakkan kursor pada tempat di dokumen Anda di mana Anda ingin menambahkan daftar isi. Biasanya, daftar isi ditempatkan di awal dokumen. Anda dapat menambahkan daftar isi otomatis dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Letakkan kursor pada tempat di dokumen Anda di mana Anda ingin menambahkan daftar isi. Biasanya, daftar isi ditempatkan di awal dokumen.
  2. Di tab "Rujukan" (Reference), pada grup "Daftar Isi" (Table of Contents), klik pada salah satu tata letak daftar isi yang tersedia atau pilih "Daftar Isi Kustom" (Custom Table of Contents) untuk mengkustomisasi daftar isi Anda sendiri.
  3. Daftar isi otomatis akan ditambahkan ke dokumen Anda. Word akan secara otomatis mendeteksi judul dan subjudul yang menggunakan gaya penomoran paragraf yang tepat, dan menyertakan entri mereka dalam daftar isi.

Langkah 3: Mengaktifkan Daftar Isi

Di menu "Rujukan" (Reference) di bagian atas jendela Word, pilih "Daftar Isi" (Table of Contents). Pilih salah satu tata letak daftar isi yang tersedia atau pilih "Daftar Isi Kustom" (Custom Table of Contents) untuk mengkustomisasi daftar isi Anda sendiri. Anda dapat memformat daftar isi sesuai keinginan dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Klik di dalam daftar isi untuk memilihnya.
  2. Di tab "Rujukan" (Reference), pada grup "Daftar Isi" (Table of Contents), klik kanan pada daftar isi dan pilih "Sumber" (Edit Field) dari menu yang muncul.
  3. Kotak dialog "Sumber" (Field) akan muncul. Di sini, Anda dapat mengatur opsi seperti jenis penomoran, tata letak, dan gaya teks yang digunakan dalam daftar isi.
  4. Setelah selesai memformat, klik "OK" untuk menerapkan perubahan.

Langkah 4: Menerapkan Daftar Isi

Setelah Anda memilih tata letak daftar isi yang diinginkan, daftar isi otomatis akan muncul di dokumen Anda. Word akan secara otomatis mendeteksi judul dan subjudul yang menggunakan gaya penomoran paragraf yang tepat, dan menyertakan entri mereka dalam daftar isi. Anda perlu memperbarui daftar isi agar mencerminkan perubahan tersebut. Ikuti langkah berikut:

  1. Klik di dalam daftar isi.
  2. Di tab "Rujukan" (Reference), pada grup "Daftar Isi" (Table of Contents), klik kanan pada daftar isi dan pilih "Perbarui Daftar Isi" (Update Table of Contents) dari menu yang muncul.
  3. Pilih opsi "Perbarui

Langkah 5: Memperbarui Daftar Isi

Jika Anda menambahkan, menghapus, atau mengubah judul atau subjudul dalam dokumen Anda setelah menambahkan daftar isi, Anda perlu memperbarui daftar isi agar mencerminkan perubahan tersebut. Klik kanan di daftar isi dan pilih "Perbarui Daftar Isi" (Update Table of Contents) dari menu yang muncul.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word. 

0 Response to "Lima Langkah Membuat Daftar Isi Otomatis di MS Word"

Posting Komentar